Senin, 09 April 2012

7 Macam Phobia Unik

Phobia merupakan penyakit psikis yang biasanya dialami oleh seseorang yang punya trauma di masa lalu. Penyakit ini juga tak mengenal umur. Secara definitif phobia adalah rasa ketakutan yang sangat kuat terhadap sesuatu baik itu benda, situasi. Ketakutan tersebut berwujud dan terletak pada wilayah ketidaksadaran.
Tujuh, macam, phobia, unik, psikisterPhobia merupakan suatu situasi dimana seseorang bertindak irasional  dan mempunyai ketakutan yang besar akan sesuatu. Biasanya seseorang  yang mempunyai phobia akan merasakan suatu ketakutan pada saat tertentu. Phobia biasanya disebabkan oleh seseorang yang mengalami trauma masa lalu. Rasa trauma tersebut membekas didalam kesadarannya. Karena katakutan yang sangat, rasa truma ditekan samapai pada wilayah ketidaksadaran.
Sampai dalam tahan ini, phobia yang menentukan. Meski berada di wilayah ketidaksadaran, rasa trauma ini sangat dominan mempengaruhi perilaku dan berfikir. Karena saking dominannya, kesadaran seseorang tak akan mampu untuk mengontrol trauma. Jadilah, trauma tersebut menjadi phobia yang menjangkiti teridap seumur hidunya.
Nah, untuk beberapa kasus, phobia mudah untuk diketahui. Karena sifat dan bentuknya mudah untuk dikenali. Misalnya, phobia terhadap kucing, baru mendengar suara kucing, sudah menyebabkan katakutan luar biasa. Jadi, phobia bisa diketahui saat teridap menjumpai pada obyek, situasi yang ditakuti.
Secara umum, phobia terbagi menjadi 3 macam. Pertama, ketakutan untuk ketika berada pada situasi dan berada ditengah-tengah masyarakat. Rasa takut itu muncul saat berinteraksi dengan orang lain. Kedua, phobia yang muncul ketika berada di suatu tempat tertentu. Baik berada di dalam atau diluar ruangan. Yang ketiga, phobia terhadap benda atau makhluk hidup. Phobia terhadap kucing seperti di atas masuk jenis phobia yang ketiga ini.
Meski dalam dunia medis dan psikiatris, umum diketahui, namun ada beberapa bentuk phobia yang cukup unik. Bentuk phobia ini bisa bikin orang yang bukan pengidap phobia geleng-geleng tak percaya. Mau tahu apa bentuk phobia tersebut? Berikut rinciannya:
1. Chrometophobia or Chrematophobia (takut pada uang).
Jika saat ini banyak orang pusing karena kebutuhan hidup semakin mahal, sebabnya bisa jadi adalah ketiadaan uang. Semua kebutuhan hidup, peranan uang cukup dominan. Maka, tak salah jika uang menempati posisi penting dalam menunjang untuk pemenuhan kebutuhan hidup.
Namun, hal itu tak akan berlaku pada orang yang mengidap phobia jenis Chrometophobia. Jenis phobia yang takut pada uang. Jangankan memegang uang, tahu uang disebut bisa takut luar biasa. Barangkali orang yang mengidap ini bakal enak diajak bisnis atau dipekerjakan. Karena pasti tak mau digaji dengan uang.
2. Chronomentrophobia (Takut pada jam).
Adagium time is money barangkali tak lagi berlaku. Karena pengidap phobia ini tak bakal melihat jam katika ada janji. Dentangan bunyi jam akan membuat lemas seluruh tulang sendi. Peregarakan jarum ibarat hantu. Meski begitu, pengidap phobia ini masih bisa melihat penunjukan waktu yang lain. Misalnya, di HP atau laptop.
3. Caligynephobia (Takut pada wanita cantik).
Lumrah jika laki-laki tertarik pada seorang wanita. Apalagi kepada wanita cantik. Hampir setiap orang suka melihat wanita cantik. Namun, hal itu tak berlaku pengidap phobia jenis Caligynephobia.
Ketakutan terhadap wanita cantik ini tak hanya ketika bertemu muka dengan seorang wanita cantik, namun bisa kambuh saat melihat di foto atau di televisi. Bisa dipastikan, ketika melakukan aktifitas apapun tak akan bisa berkonsentrasi. Dalam derajat tertentu, wanita cantik dianggap sebagai ancaman.
4. Didaskaleinophobia (Takut pergi ke sekolah).
Phobia jenis ini jika merujuk pada bentuk-bentuk phobia maka masuk kategori yang kedua, takut ketika pada situasi yang mengaharuskan si pengidap phobia diwajibkan berinteraksi dengan teman-temannya. Lingkungan sosial, seperti juga sekolah bukanlah tempat aman.
Rasa penuh ancaman itu yang berakibat pengidap phobia ini akan takut untuk berangkat sekolah. Rasa takut ini biasanya diidap oleh anak-anak yang baru akan sekolah. Maka, pendampingan dan bantuan dari seluruh lingkungan sosial anak perlu diciptakan. Baik orangtua, guru dan teman-teman sekolah.
5. Geliophobia (Takut tertawa).
Tertawa adalah salah satu ekspresi kebahagiaan. Setiap orang suka tertawa. Bagi sebagian kalangan, tertawa bisa diwujudkan sebagai salah satu bentuk terapi. Tertawa bisa menghilangkan sebagian beban emosi.
Tapi, terapi itu tak akan menyembuhkan bagi pengidap phobia Geliophobia. Phobia yang takut pada tertawa. Baik tawa dirinya sendiri atau tawa orang lain. Maka, jangan sekali-kali tertawa di hadapan pengidap phobia ini.
6. Genophobia (Takut pada sex).
Tak dipungkiri, sex adalah keinginan semua orang. Tak peduli apakah laki-laki atau perempun yang telah dewasa. Sex juga bagi sebagian kalangan adalah manifestasi rasa cinta.
Bagi penderita phobia Genophobia, sex sesuatu yang menakutkan dan cenderung untuk dihindari. Bagi keluarga yang anggotanya ada yang mengidap penyakit phobia jenis ini hendaknya bisa dideteksi lebih awal. Agar kehidupan sexnya bisa berjalan normal.
7. Philophobia (Takut jatuh cinta atau dicintai).
Saat paling indah adalah sewaktu jatuh cinta. Mencintai dan dicintai memang indah. Tak peduli berapa usia Anda, pasti akan selalu mendambakan rasa cinta ini. Tapi, ini tak berlaku bagi Philophobia. Dia bakal menolak setiap cinta yang datang.
Setelah tahu berbagai jenis phobia unik diatas, lalu bagaimana cara menyembuhkan phobia? Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi phobia, diantaranya:
  1. Menghadapi ketakutan itu. Contohnya apabila Anda takut pada wanita cantik, cobalah minta teman untuk menemani Anda bertemu dengan wanita cantik dimaksud. Beri pemahaman pada diri Anda bahwa tak ada yang perlu ditakuti dengan wanita cantik. Lakukan sedikit demi sedikit. Awalnya sekedar melihat, kemudian menyapa. Setelah sedikit ada keberanian ditingkatkan kembali pada level untuk mengajak berbincang.
  2. Apabila Anda yakin bahwa Anda mempunyai phobia baik phobia ringan  ataupun berat, cobalah untuk berkonsultasi dengan profesional seperti psikiater.
Penyembuhan sendiri dengan cara yang tidak  sistematis dirasa tidak seefektif penyembuhan yang dilakukan oleh  seseorang yang profesional di bidangnya. Namun sekali lagi, Anda  tidak perlu cemas karena segala bentuk ketakutan dimasa anak-anak  bahkan yang sudah menjadi phobia pun dapat disembuhkan. Karena phobia bersifat sementara dan dapat  dihilangkan. Selain itu, ketenangan Anda dan rasa cinta serta sayang dari orang-orang terdekat akan sangat membantu percepatan pemulihan dari phobia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar